Rabu, 06 Agustus 2014

PANCHA-BRAHMA MANTRA




Berikut adalah mantra Pancha-Brahma yang datang kepada kita dari Taittiriya Aranyaka (X.17-21) dari Krsna Yajurveda. Bab sepuluh Taittiriya Aranyaka juga disebut Mahanarayan Upanishad. Oleh karena itu, mantra ini juga dapat dikatakan milik Mahanarayana Upanishad (17-21). Mantra ini sering digunakan dalam Shiva puja, dan sering disinggung dalam protokol pemujaan Siwa dan manual. The Pancha-Brahma mantra meninggikan Shiva melalui Nya lima bentuk (wajah) - Sadyojata, Vamadeva, Aghora, dan Isana Tatpurusa. Lima wajah atau bentuk Shiva mewakili lima fungsi atau tindakan (panchakrityas) - penciptaan, rezeki, pembubaran, menyembunyikan karunia dan rahmat mengungkapkan, masing-masing. Lima bentuk atau wajah Shiva juga sesuai dengan lima suku kata dalam mantra suci pentasyllabic - na-mah-shi-va-ya. Perhatikan bahwa mantra Tatpurusa adalah tetapi Rudra Gayatri.


  1. Sadyojāta Mantra

सद्योजातं प्रपद्यामि सद्योजाताय वै नमो नमः।
भवे भवे नाति भवे भवस्व मां भवोद्भवाय नमः॥

Sadyojāta prapadyāmi sadyojātāya vai namo Namah
Bhave Bhave Nati Bhave bhavasva mam bhavodbhavāya Namah

Aku berlindung pada kelahiran pertama, sesungguhnya Aku tunduk pada kelahiran pertama
Jangan memperuntukkan saya lahir setelah lahir;
Membimbing saya melampaui kelahiran, saya tunduk pada yg menyebabkan sesuatu lahir.



  1. Vāmadeva Mantra

वामदेवायनमो ज्येष्ठाय नमः श्रेष्ठाय
नमो रुद्राय नमः कालाय नमः।
कलविकरणाय नमो बलाय नमो
बलविकरणाय नमो बलप्रमथनाय नमः।
सर्वभूतदमनाय नमो मनोन्मनाय नमः॥

vāmadevāya namo jyeṣṭhāya Namah śreṣṭhāya
namo rudrāya Namah Kalaya Namah
kalavikaraāya namo balāya namo
balavikaraāya namo balapramathanāya Namah
sarvabhūtadamanāya namo manonmanāya Namah

Saya tunduk pada Mulia, si Sulung; untuk Best, Rudra dan Waktu,
Saya tunduk pada tak terselami, untuk Kekuatan,
Untuk yg menyebabkan sesuatu dari berbagai kekuatan, dan dengan Extender Kekuatan.
Saya tunduk pada Subduer dari semua makhluk, dan kepada Dia yang mengobarkan cahaya.

  1. Aghora Mantra
अघोरेभ्योऽथ घोरेभ्यो अघोरघोरेतरेभ्यः।
सर्वतः शर्वः सर्वेभ्यो नमस्ते रुद्र रूपेभ्यः॥
Aghorebhyo'tha ghorebhyo aghoraghoretarebhya
Sarvata śarva sarvebhyo namaste rudra rūpebhya

Saya menghormati mereka yang tidak mengerikan dan mereka yang mengerikan,
Dan bagi mereka yang sama-sama mengerikan dan tidak mengerikan.
Di mana-mana dan selalu, Sarva, Saya menghormati semua bentuk Mu Rudra.

  1. Tatpurua Mantra
तत्पुरुषाय विद्महे महादेवाय धीमहि।
तन्नो रुद्रः प्रचोदयात्॥
Tatpuruāya vidmahe mahādevāya dhīmahi
Tanno rudra pracodayāt

Semoga kita tahu bahwa Supreme Orang
Dan memediasi pada Tuhan yang besar,
Semoga Rudra mendorong kita!

  1. Isana Mantra
ईशान सर्वविद्यानामीश्वरः सर्वभूतानां ब्रह्मादिपति ब्रह्मणोऽधिपतिर्।
ब्रह्मा शिवो मे अस्तु स एव सदाशिव ओम्॥
Isana sarvavidyānāmīśvara sarvabhūtānā brahmādipati brahmao'dhipatir
Brahma SIVO saya astu sa eva sadāśiva om

Penguasa semua pengetahuan, Master semua makhluk,
Komandan semua studi dan pengabdian,
Bahwa Tuhan Menguntungkan bagi saya,
Jadilah Dia hanya begitu, Ever Menguntungkan Om.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar